Contextual Teaching Learning

Pengertian

Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan proses pembelajaran yang holistik dan bertujuan membantu siswa untuk memahami makna materi ajar dengan mengaitkannya terhadap konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial dan kultural), sehingga siswa memiliki pengetahuan/ ketrampilan yang dinamis dan fleksibel untuk mengkonstruksi sendiri secara aktif pemahamannya.

CTL disebut pendekatan kontektual karena konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat.

Pembelajaran kontekstual ( Contextual Teaching and Learning ) adalah konsep belajar yang membantu guru mangaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pendidikan efektif, yaitu : konstruktivisme (Contruktivism), bertanya ( Questionsing ), menemukan ( Inquiri ), masyarakat belajar ( Learning Community ), pemodelan ( Modeling ), refleksi ( reflektion) dan penilaian sebenarnya ( Authentic Assessment )

Pengertian CTL

  1. Merupakan suatu proses pendidikan yang holistik dan bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajariinya dengan mengkaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari sehingga siswa mmiliki pengetahuan/keterampilan yang secara fleksibel dapat diterapkan ( ditransfer ) dari satu permasalahan ke permasalahan lain.
  2. Merupakan konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong pebelajar membuat hubungan anatara meteri yang diajarkannya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat

CTL dapat diterapkan dalam kurikulum apa saja, mata pelajaran apa saja, dan kelas yang bagaimanapun keadaannya. Pendekatan CTL dalam kelas cukup mudah. Secara garis besar, langkahnya sebagai berikut :

  1. Kembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, dan mengkonstruksi ssendiri pengetahuan dan ketrampilan barunya
  2. Laksanakan sejauh mungkin kegiataninkuiri untuk semua topik
  3. Kembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya
  4. Ciptakan masyarakat belajar
  5. Hadirkan model sebagai contoh pembelajaran
  6. Lakukan refleksi di akhir pertemuan
  7. Lakuan penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara

Komponen CTL
1. Kontruktivisme
· Membangun pemahaman mereka sendiri dari pengalaman baru berdasar pada pengetahuan awal
· Pembelajaran harus dikemas menjadi proses “mengkonstruksi” bukan menerima pengetahuan
2. Inquiry
· Proses perpindahan dari pengamatan menjadi pemahaman
· Siswa belajar menggunakan ketrampilan berfikir kritis
3. Questionong ( bertanya )
· Kegiatan guru untuk mendorong, membimbing dan menilai kemampuan berfikir siswa
· Bagi siswa yang merupakan bagian penting dalam pembelajaran yang berbasis inquiry
4. Learning Community ( masyarakat belajar )
· Sekelompok orang yang terkait dalam kegiatan belajar
· Bekerja sama dengan orang lain lebih baik dari pada belajar sendiri
· Tukar pengalaman
· Barbagi ide
5. Modeling ( pemodelan )
· Proses penampilan suatu contoh agar orang lain berfikir, bekerja dan belajar
· Mengerjakan apa yang guru inginkan agar siswa mengerjakannya
6. Reflection ( refleksi )
· Cara berfikir tentang apa yang telah kita pelajari
· Mencatat apa saja yang telah kita pelajari
· Membuat jurnal, karya seni, diskusi kelompok
7. Authentic Assesment ( penilaian yang sebenarnya )
· Mengukur pengetahuan dan ketrampilan siswa
· Penilaian produk ( kinerja )
· Tugas-tugas yang relevan dan kontekstual

Karakteristik Pembelajaran CTL
· Kerjasama
· Saling menunjang
· Menyenagkan tidak membosankan
· Belajar dengan bergairah
· Pembelajaran terintegrasi
· Menggunakan berbagai sumber
· Siswa aktif
· Sharing dengan teman
· Siswa kritis guru kreatif
· Dinding dan lorong-lorong penuh dengan hasil kerja siswa, peta, gambar, artikel, humor dan lain-lain

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: